Friday, February 3, 2017

Khasiat Bekam Bagi Tubuh Kita

Bekam alias hijamah ialah cara penyembuhan atas jalur melemparkan darah kotor (toksin yang rawan) dari dalam badan dengan dasaran kulit. lisan al hijamah berawal dari kata bahasa arab: hijama (? ?? ??) yang berfaedah pembebasan darah kotor. sebaliknya dalam bahasa inggris dikenal atas cupping, serta dalam bahasa jawi diketahui atas kata bekam. di indonesia diketahui juga atas kata judul alias cantuk.


“Cupping used to: drain excess fluids and toxins, loosen adhesions and lift connective tissue, bring blood flow to stagnant skin and muscles and stimulate the peripheral nervous system”[2].

Atas melaksanakan penghirupan/hampa sehingga terbentuklah titik berat minus di dalam ayan/judul sehingga berlangsung drainase larutan badan berlebih (darah kotor) serta toksin, menyirnakan perlengketan/adhesi jaringan ikat serta bakal melelehkan darah “bersih” ke dasaran kulit serta jaringan otot yang mendapati kebekuan bersama merangsang skema syaraf perifer.

Dalam sebagian kesusastraan disebutkan kalau bekam beroperasi atas aturan merangsang alias memacu: (1) skema kekuatan badan, (2) pengeluaran enkefalin, (3) pembebasan neurotransmiter, (4) pengecilan serta pelebaran pipa darah bersama (5) “the gates for pain” pada sistim syaraf sentral (cns) yang berperan memaknakan kehebohan rasa sakit.

Bila dijalani pembekaman pada titik bekam, sehingga bakal berlangsung kehancuran mast cell serta lain-lain pada kulit, jaringan bawah kulit (sub kutis), fascia serta ototnya. dampak kehancuran ini bakal dilepaskan sebagian jembatan serupa serotonin, histamine, bradikinin, slow reacting substance (srs), bersama zat-zat lain yang belum dikenal. zat-zat ini membuat terjadinya dilatasi kapiler serta arteriol, bersama flare reaction pada kawasan yang dibekam. dilatasi kapiler pula bisa berlangsung di lokasi yang jauh dari lokasi pembekaman. ini membuat terjadinya koreksi mikrosirkulasi pipa darah.

Akhirnya kelihatan akibat relaksasi (pelemasan) otot-otot yang bangka bersama dampak vasodilatasi biasa bakal meletakkan titik berat darah dengan cara ajek. yang pertama ialah dilepaskannya corticotrophin releasing factor (crf), bersama releasing factors lainnya oleh adenohipofise. crf berikutnya bakal membuat terbentuknya acth, serta corticosteroid. corticosteroid ini ada akibat memulihkan peradangan bersama memantapkan permeabilitas sel.

Riset lain membuktikan bekam pada titik definit bisa memotivasi tangguh syaraf dasaran kulit yang bakal dilanjutkan pada cornu kemudian medulla spinalis dengan syaraf a-delta serta c, bersama traktus spinothalamicus kearah thalamus yang bakal membuahkan endorphin. sebaliknya beberapa membangkitkan lainnya bakal diteruskan dengan bulu aferen bersahabat menuju ke motor neuron serta melahirkan reflek intubasi sakit. [6]

Berbekam adalah cara penyembuhan adiluhung yang sudah dipakai dalam memulihkan beragam abnormalitas penyakit serupa hemophilia, bludrek, gout, reumatik arthritis, sciatica, back pain (sakit punggung), migraine, vertigo, anxietas (kebingungan) bersama penyakit biasa lainnya bagus berkarakter awak ataupun batin.

Bekam adalah penyembuhan yang dicontohkan oleh rasul muhammad saw, begitu juga dijabarkan dalam hadist bukhari:

Dari anak laki-laki abbas r. a. rasulullah berfirman: “kesembuhan (obat) itu terdapat pada tiga keadaan: atas minum sembayan, badik hijamah (bekam), serta atas ferum panas. serta saya cegah ummatku atas ferum panas. ” (hadist bukhari)

Daftar isi

* 1 asal usul
* 2 tipe bekam
* 3 durasi berbekam
* 4 aturan bekam
* 5 panduan menentukan lokasi bekam
* 6 bekam di bumi barat

No comments:

Post a Comment